Lanjut ke konten
11 Januari 2013 / elektronik12

Tips Mengembangkan Hobi Menjadi Penghasilan

hobi

Di jaman seperti sekarang ini, jumlah pendapatan semakin terkalahkan dengan jumlah pengeluaran. Sehingga banyak orang, termasuk diri kita harus benar-benar memutar otak untuk bisa menemukan cara lain untuk mendapatkan penghasilan. Dan cara itu bisa kita temukan melalui bantuan dari hobi kita sendiri. Namanya saja hobi, pasti sangat menyenangkan dan sangat di sukai. Entah itu hobi ringan sampa yang sulit sekalipun. Karena kenyaman yang bisa timbul dengan sendirinya melalui hobi, kenapa tidak kalau itu bisa kita jadikan tumpuan sumber penghasilan. Berikut ada beberapa tips bagi anda yang ingin mengembangkan hobi agar bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

1. Kita mulai dari lingkungan sekitar anda. Cari tau, apakah ada orang lain yang juga memiliki bisnis yang sama seperti yang akan kita lakukan. Terutama, jika anda hendak membuat bisnis dari hobi menghasilkan suatu produk atau karya. Anda bisa melakukan perbandingan antara hasil karya anda, dengan hasil karya dari kompetitor anda. Buat hal itu menjadi suatu motivasi untuk bisa membuat hasil karya yang jauh lebih baik dari hasil kompetitor.

2. Sebelum memproduksi atau memasarkan, lakukan survey mengenai siapa saja yang berpeluang untuk dapat menjadi customer anda. Lakukan survey semacam itu di pusat-pusat keramaian, seperti pasar, mall, tongkrongan arisan, dan lain sebagainya.

3. Perinci biaya awal yang harus anda siapkan untuk memulai bisnis dari hobi anda tersebut. Sebaiknya, lakukan dengan sederhana dulu, jika anda di tengah perjalanan nanti menemukan prospek pasar yang menggiurkan, anda bisa berkembang jauh lebih besar lagi.

4. Karena ini awal, anda tentu harus bisa balik modal. Pasarkan dengan cara lewat mulut ke mulut. Jika customer anda merasa puas akan jasa atau produk yang anda hasilkan, maka secara tidak langsung, anda juga tengah memasarkan produk atau jasa anda sendiri, melalui kepercayaan orang tersebut.

  1. Ferdy / Jan 25 2013 17.50

    keren tipsnya mas

  2. SEKOLAH KEBANGGAANKU / Feb 19 2013 09.31

    Reblogged this on MARJANI UNTUK PENDIDIKAN.

Tinggalkan komentar